Kecak Dance / Tari Kecak

20 03 2013

Berkunjung ke pulau Dewata Bali, belum lengkap kalo belum menyaksikan sunset di Pura Luhur Uluwatu dengan ditemani suguhan tarian khas bali yaitu tari kecak (kecak dance).

DSCF1032

DSCF1028

Pura Uluwatu ini terletak di desa Pecatu, ujung selatan kawasan perbukitan batu karang Kabupaten Badung sekitar 32 Km dari Denpasar.

Begitu pula adanya saya dan suami. Saya menyarankan bagi anda yang berkunjung ke Pulau Dewata Bali hendaklah menyaksikan pertunjukan tari tersebut sambil menyaksikaan terbenamnya sang surya di ufuk barat.

Tapi saat kami di sana dan menunggu saat-saat terbenamnya sang surya, kami kurang beruntung. Sang surya tampaknya malu – malu memperlihatkan keindahan warna semburat merahnya bila hendak masuk ke peraduannya.

Padahal hanya kurang beberapa saat lagi, ternyata di bawah telah terhadang oleh segerombolan awan yang saling bertautan dan bercengkerama, sehingga menghalangi kami yang hendak menyaksikan saat-saat sang surya turun di ufuk barat.

 

DSCF1029

Kecak Dance / Kecak Dance

Sebuah tarian tanpa diiringi alunan alat musik apapun, hanya mengandalkan suara yang di keluarkan dari mulut manusia/penarinya sekitar 70 orang.-lebih mirip suara cakk… cakk….cakkkk…. saling bersaut- sautan. Tarian ini merupakan tarian yang berasal dari tarian sakral (Sang Hyang). Pada awalnya tari Sang Hyang seorang yang kemasukan roh, berkomunikasi dengan para dewa (leluhur yang di sucikan), dengan perantara penari sebagai penghubung sehingga dewa dapat menyampaikan sabdanya. Baru kemudian pada tahun1930-an tarian ini disisipkan cerita epos Ramayana, yang mengisahkan cerita dari rama dan shita beserta hanomannya.

Cerita ini berkisah, berawal dari Dewi Kakayi (Ibu Tiri ) Sri Rama -Putra mahkota syah dari kerajaan Ayodya- yang mempunyai watak jahat sehingga Sri Rama diasingkan dari istana ayahnya-Prabu Dasarata-.  Sri rama di buang di hutan ditemani adik laki-lakinya -Laksmana-, beserta isteri-Dewi Shita-

 

DSCF1039

DSCF1034

DSCF1036

DSCF1037

DSCF1038

Rama dan Dewi Shita pergi ke hutan Dandaka. Keberadaan mereka di hutan diketahui oleh Prabu Dasamuka (Rahwana) yang terkenal sebagai raja yang kejam, lalim dan keji. 

Rahwana tertarik oleh kecantikan Dewi Shita, dan berencana untuk menculiknya.

Di bantu oleh patihnya Marica, Marica dengan kesaktiannya berubah menjadi kijang yang cantik, elok dan lincah berusaha untuk menarik perhatian Rama dan Shita untuk memisahkan keduanya.

DSCF1054

 DSCF1049 

DSCF1044

Rama dan Dewi Shita di Hutan Dandaka

DSCF1050 

Terdengar jeritan meminta tolong, menurut Dewi Shita itu suara Rama. Lalu meminta Laksmana untuk mengecek keberadaan Rama.

Dalam hati Laksaman enggan untuk meninggalkan Shita seorang diri. Selain itu juga Laksmana mendapat amanat dari Rama untuk menjaga Shita.

Tetapi Dewi Shita menuduh Laksmana hendak mengambil keuntungan atas kematian Rama, sehingga Laksmana naik pitam, dan segera pergi meninggalkan Dewi Shita seorang diri di hutan

 DSCF1054

 

DSCF1053

Rahwana muncul hendak menculik Dewi Shita, tetapi tak berhasil

DSCF1050

 

DSCF1052

 

DSCF1051

 

Dengan akal jahatnya Rahwana berubah wujud menjadi Bhagawan (orang tua) yang sedang kehausan dan meminta diambilkan air minum oleh Dewi Shita, setelah diambilkan air minum kemudian Dewi Shita dibawa lari oleh Begawan tersebut yang tak lain adalah Rahwana yang sedang menyamar.

Dewi Shita kemudian menjerit meminta pertolongan, kemudian jeritan Dewi Shita tersebut terdengar oleh burung Garuda yang sedang terbang.

Burung garuda lalu menolong Dewi Shita, akan tetapi usahanya tak berhasil karena sayapnya putus ditebas oleh Rahwana.

 Dewi Shita kemudian di bawa menuju ke Alengka Pura oleh Rahwana

 DSCF1054

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DSCF1053

Dewi Shita di Alengka Pura

Rama dan Laksmana tersesat di hutan Dandaka. Mengetahui isterinya Dewi Shita ditawan oleh raksasa jahat Rahwana, Rama meminta tolong Hanoman (si kera putih) untuk menyelamatkan Dewi Shita yang berada di Alengka Pura. Kemudian Rama menyerahkan cincinnya kepada Hanoman untuk di serahkan pada Dewi Shita.

Hanoman segera pergi ke Alengka Pura untuk menyelamatkan Dewi Shita

DSCF1057

 

DSCF1059

 

Dewi Shita menyerahkan bunga kepada Hanoman

Dewi Shita menyerahkan bunga kepada Hanoman untuk diberikan kepada Rama sambil menitipkan pesan untuk Rama agar segera menyelamatkan dirinya.

Hanoman menuju tetamanan Alengka dan memporak-porandakan tempat tersebut sampai hancur. Membuat abdi Alengka pura terkejut dan marah, dan menyuruh para raksasa untuk menangkap Hanoman.

Karena jumlah lawannya tak sepadan lebih banyak raksasanya, sedangkan Hanoman hanya seorang diri akhirnya Hanoman bisa tertangkap. Kemudian Hanoman diikat dan di bakar.

Karena kesaktian dari Hanoman, maka dia bisa meloloskan diri dari maut.

 DSCF1061

 

DSCF1060

Hanoman bisa lolos dari kobaran api

Akhirnya Hanoman berhasil mengalahkan bala raksasa Rahwana, Rama berhasil merebut kembali isterinya Dewi Shita dengan  selamat.

DSCF1062

DSCF1063

 

DSCF1064

DSCF1065

 

Diceritakan ulang dari berbagai sumber.  

Itulah sekelumit kisah dari Tari kecak/kecak dance

 

Untuk bisa menyaksikan tarian ini hanya di kenakan biaya Rp. 70.000 per orang (untuk harga wisata local) dan biaya masuk ke Pura Uluwatu per orang Rp. 10.000,-

Sebaiknya sampai di lokasi Uluwatu sore hari  pada jam 16.00 WITA, sehingga masih ada waktu untuk menikmati keindahan Uluwatu dan mengabadikan keindahan dengan berfoto-foto.

Kemudian jam 17.00 WITA bersiap membeli tiket pertunjukkan dan memasuki tempat pertunjukkan yang berbentuk setengah lingkaran dengan tempat duduk yang berjenjang mirip opera kecil di area terbuka

DSCF1029
DSCF1031

 

Jika datang lebih awal, masih dapat mencari tempat duduk yang strategis,  menghadap ufuk barat / sunset dan pura Uluwatu.

 Tiket

Tiket masuk tari kecak

Deskripsi  sekilas tentang Pura Uluwatu, didirikan  sekitar abad XI oleh Empu Kuturan. Pemandangan alam perbukitan batu karang yang berbatasan langsung lautan lepas. Dan di dalam hutan terdapat ratusan kera yang menempati hutan tersebut.

DSCF1012 DSCF1011 DSCF1010 DSCF1022 DSCF1021 DSCF1020


Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: